Kesetiaan Sebatang Bambu

Kesetiaan Sebatang Bambu

Kesetiaan Sebatang Bambu

MotivasiSebatang bambu yang indah tumbuh di halaman rumah seorang petani. Batang bambu ini tumbuh tinggi menjulang di antara batang-batang bambu lainnya. Suatu hari datanglah sang petani yang empunya pohon bambu itu.

Dia berkata kepada batang bambu,” Wahai bambu, maukah engkau kupakai untuk menjadi pipa saluran air yang sangat berguna untuk mengairi sawahku?”

Batang bambu menjawabnya, “Oh, tentu aku mau bila dapat berguna bagi engkau,Tuan. Tapi ceritakan apa yang akan kau lakukan untuk membuatku menjadi pipa saluran air itu.”

Sang petani menjawab, “Pertama, aku akan menebangmu. Setelah itu aku akan membelah-belah engkau sesuai dengan keperluanku. Ter-akhir, aku akan membuang sekat-sekat yang ada di dalam batangmu, supaya air dapat mengalir dengan lancar.

Engkau akan menjadi pipa yang akan mengalirkan air untuk mengairi sawah sehingga padi yang ditanam dapat tumbuh dengan subur.”

Mendengar hal ini, batang bambu lama terdiam. Kemudian, dia berkata kepada petani, “Tuan, tentu aku akan merasa sangat sakit dan mati ketika engkau menebangku. Apakah aku akan kuat melalui semua proses itu, Tuan?”

Petani menjawab, ” Wahai bambu, engkau pasti kuat melalui semua ini karena aku memilihmu, justru karena engkau yang paling kuat dari semua batang pada rumpun ini.”

Akhirnya batang bambu itu menjawab, “Baiklah, Tuan. Aku ingin sekali lebih berguna. Inilah aku, tebanglah aku, perbuatlah sesuai dengan yang kau kehendaki.

.” Setelah petani selesai dengan pekerjaannya, batang bambu yang dulu hanya menjadi penghias halaman, kini telah berubah menjadi pipa saluran air yang sangat berguna.

” Setelah petani selesai dengan pekerjaannya, batang bambu yang dulu hanya menjadi penghias halaman, kini telah berubah menjadi pipa saluran air yang sangat berguna bagi setiap orang.

Selamat Pagi…. Salam Luar Biasa…

www.adytianugraha.com

 273 total views,  1 views today

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.