Cara Mencegah Demam Berdarah Pada Anak / Balita

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit demam akut dengan ciri-ciri demam dengan menifestasi perdarahan dan ada kecenderungan mengakibatkan syok (penurunan kesadaran) yang dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu diperlukan cara mencegah demam berdarah pada balita secara efektif.

Penyebab Demam Berdarah

 Penyebab demam berdarah (DBD) adalah virus dengue serotype 1,2,3 dan 4 yang ditularkan melalui vector nyamuk Aedes aegypti. Virus ini juga dapat menyebabkan penyakit yang kita kenal dengan demam dengue.

Nyamuk yang banyak ditemukan di wilayah dengan iklim tropis dan juga sub-tropis ini adalah salah satu sumber utama yang menjadi pemicu terjadinya wabah penyakit demam berdarah dengue, yang banyak terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Pada kasus demam berdarah dengue pembuluh darah mengalami kebocoran sehingga cairan plasma di dalamnya merembes ke luar.

Selain banjir, musim hujan juga menjadi salah satu faktor yang membuat angka penularan penyakit Demam Berdarah Dengue atau penyakit DBD menjadi tinggi.

Baca Juga : Manfaat Produk HDI

Penyebab Anak Terkena Demam Berdarah

Banyak juga penderita Demam Berdarah dengue atau penyakit  DBD yang tidak terdeteksi atau tidak tertangani secara tepat. Akibatnya mereka dibawa dalam keadaan sudah terlambat atau sulit ditangani. Banyak penderita Demam Berdarah dengue yang akhirnya meninggal atau sembuh tapi meninggalkan kecacatan.

Secara umum, penyakit demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus. Dengan gigitan dari salah satu nyamuk tersebut, virus akan masuk dan menginfeksi manusia alias inangnya.

Terjadinya penyakit demam berdarah dengue dapat dipicu beberapa faktor tertentu, seperti diidentifikasi dari orang yang pernah terkena infeksi dari virus dengue. Kemudian, tinggal di daerah dengan iklim tropis ataupun sub-tropis jadi faktor lain penyebaran infeksi demam berdarah.

Hal tersebut ditambah dengan faktor sistem kekebalan tubuh atau imun yang rendah, yang umumnya dialami lansia serta bayi dan anak – anak.

Penyakit Demam Berdarah Dengue atau penyakit DBD mengandung bahaya yang tersembunyi yang lebih besar. Penderita DBD atau penderita demam berdarah dengue rentan mengalami syok (kehilangan kesadaran) akibat adanya kebocoran plasma. Syok akan terjadi tiba-tiba dan biasanya terjadi pada hari ke-5 sejak pertama kali anak demam.

Gejala Demam Berdarah Dengue

Pada saat virus berhasil masuk, tubuh akan mengalami proses inkubasi selama kurang lebih 4 – 7 hari, sampai akhirnya beberapa gejala muncul setelahnya. Adapun gejala – gejala yang di alami balita, di antaranya:

  1. Demam tinggi dengan mendadak dan terus-menerus selama 2-7 hari dimana suhu tubuh yang tinggi hingga mencapai 40 derajat Celcius.
  2. Munculnya ruam merah yang terdapat pada jaringan struktur kulit.
  3. Kulit pucat, dingin dan lembab terutama pada ujung jari kaki, tangan dan hidung sedangkan kuku menjadi biru. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi yang kurang cukup.
  4. Pembesaran organ hati.
  5. Anak mudah merasakan keletihan dan juga kelelahan.
  6. Adanya perdarahan, seperti mimisan, bintik-bintik merah pada kulit, istilah medis bisa disebut petekie, perdarahan gusi, buang air besar berdarah, dll
  7. Penderita Demam Berdarah atau DBD akan merasakan pusing akibat sakit kepala.
  8. Gejala mual dan juga muntah yang terjadi berulang kali.
  9. Frekuensi dan jumlah buang air kecil berkurang bahkan sampai tidak ada sama sekali.
  10. Balita merasakan nyeri atau kram pada sendi, otot, dan juga tulang. Gejala tersebut terkadang diikuti nyeri yang dirasakan pada bagian belakang mata.

Gejala Demam Berdarah atau penyakit DBD umumnya akan membaik dengan penanganan dari dokter setelah 10 hari terinfeksi. Namun, terdapat beberapa kasus Demam Berdarah atau DBD yang menyebabkan implikasi yang serius pada tubuh, seperti terjadinya penurunan kadar trombosit. Hal tersebut memicu risiko pendarahan serta dengue shock syndromeyang dialami oleh balita.

Cara Mencegah Penularan Demam Berdarah Dengue

Kebanyakan orang enggan membawa anaknya yang sedang menderita penyakit demam berdarah dengue atau penyakit DBD ke dokter bila panas baru berlangsung satu atau dua hari. Selain berharap panasnya akan segera turun, orang tua juga melihat kondisi anaknya masih baik-baik saja sehingga menunda ke dokter.

Pada dasarnya penyakit demam berdarah dengue atau penyakit DBD adalah penyakit yang sebenarnya dapat sembuh sendiri meski tidak diobati. Obat yang diberikan hanya mengurangi gejala-gejala di atas, seperti demam, sakit kepala, mual dan muntah. Selama menunggu masa kritis lewat orang tua wajib menjaga agar jangan sampai terjadi syok (penurunan kesadaran) pada anak.

Mencegah Demam Berdarah Dengue Pada Anak atau Balita

Setelah mengetahui penyebab dan gejala dari penyakit demam berdarah dengue atau penyakit  DBD pada balita, penting untuk mencegah penularan demam berdarah dengue atau DBD yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, ada beberapa upaya yang dapat diakukan untuk mencegahnya, beberapa diantaranya adalah :

  1. Menghidupkan kipas angin atau AC. Menghidupkan AC atau kipas angin, diyakini dapat membantu dalam menghindari penularan DBD secara efektif.
  2. Melakukan aksi pencegahan 3M. Dengan rajin membersihkan tempat penampungan air, telur nyamuk yang mungkin menempel di dinding tempat penampungan air tersebut dapat disingkirkan.
  3. Memakai obat nyamuk. Gunakan obat nyamuk dengan bahan yang aman untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah dengue.

Demikianlah sharing tentang cara mencegah demam berdarah pada anak atau balita. Semoga sharing ini dapat membantu menjaga anak atau balita anda supaya terhindar dari penyakit demam berdarah dengue atau penyakit DBD.

Produk HDI Untuk Mengatasi Penyakit Demam Berdarah

cara mencegah demam berdarah dengan produk hdi

Adapun Produk HDI untuk mencegah Demam Berdarah serta mengatasi Demam Berdarah pada anak atau balita adalah :

  1. Clover Honey.
  2. Propoelix.
  3. Honey Bee Pollens.

Manfaat Produk HDI Untuk Demam Berdarah

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Memperbaiki sistem pembuluh darah.
  3. Mampu meregenerasi sel tubuh yang telah rusak.
  4. Mempercepat proses pemulihan kondisi tubuh.

Order Produk HDI Untuk Demam Berdarah Lewat WhatsApp

Dapatkan Potongan 25% Dengan Mendaftar Menjadi Member HDI Atau Agen HDI

Baca Juga : Manfaat Menjadi Member HDI

Dapatkan Katalog Produk HDI

katalog produk hdi
Katalog Produk HDI

Promo Daftar Member HDI Hanya Rp. 50.000,-

Terimakasih Telah Berkunjung Di AdytiaNugraha.Com

Searching For This Page :

Demam Berdarah Dengue, Penyakit Demam Berdarah Dengue, Penyebab Demam Berdarah Dengue, Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue, Pengobatan Demam Berdarah Dengue, Cara Mengatasi Demam Berdarah Dengue dengan Cepat, Obat Untuk Demam Berdarah, Vitamin Untuk Demam Berdarah, Supplemen Untuk Demam Berdarah, Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue pada anak, Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue pada balita, Produk HDI Untuk Demam Berdarah, Jual Produk HDI Untuk Demam Berdarah, Jual Clover Honey Untuk Demam Berdarah, jual propoelix Untuk Demam Berdarah, jual vitamin Untuk Demam Berdarah, jual supplemen Untuk Demam Berdarah, jual obat Untuk Demam Berdarah, jual vitamin murah Untuk Demam Berdarah, jual supplemen murah Untuk Demam Berdarah,

 268 total views,  4 views today

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Chat
Perlu Bantuan?
Hai...
Selamat Pagi...
Ada Yang Bisa Saya Bantu..?