15 Kuliner Khas Malang Yang Wajib Dicoba

kuliner khas malang

Masakan – Malang adalah salah satu destinasi wisata yang bisa dimasukkan ke dalam jadwal liburan kamu. Disamping wisata alamnya atau wisata pantai, Malang juga terkenal dengan kuliner khas Malang yang bisa menjadi tujuan kamu pecinta kuliner.

Kuliner Khas Malang

Kuliner tidak akan lepas pada saat kamu berwisata. Malang sebagai salah satu destinasi wisata menyajikan kuliner khas Malang yang sangat menggoda selera. Apa sajakah kuliner khas Malang yang harus kamu kunjungi ?

1. Sop Sumsum

Di Malang ada satu jenis kuliner khas Malang yaitu sop. Sop yang terkenal, yakni sop sumsum. Salah satu penjual sop sumsum yang terkenal enak di Malang yaitu Sop Sumsum Pak Kayin yang berada di Jl. Cengger Ayam 1 No. 10.

Kuliner khas Malang ini disajikan bukan cuma berisikan sayuran segar dan kuah kaldu yang nikmat, tetapi juga tulang sapi dengan sumsum yang siap diseruput.

Sop sumsum milik pak Kayin merupakan salah satu kuliner khas Malang yang menjadi pelopor pertama di Malang sehingga tak heran jika warung kuliner khas Malang ini selalu ramai pembeli yang ingin mencicip kelezatan dari sopnya.

2. Sate Gebung

Kuliner khas Malang selanjutnya adalah Sate Gebug. Warung Sate Gebug ini adalah salah satu kuliner khas Malang yang amat unik karena berdiri di sebuah gardu listrik jaman dulu. Kuliner khas Malang ini berdiri hampir satu abad lalu. Warung ini terkenal dengan rasa sate gebug atau sate dagingnya yang sangat lembut dengan bumbu yang sedap karena menggunakan daging sirloin pilihan.

Kuliner khas Malang yang satu ini berada di Jl. Basuki Rachmat No. 113A, Kota Malang. Bahkan warung ini memilih tak buka kalau stok daging berkualitas wahid habis di pasaran.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan kuliner khas Jawa Timur dan termasuk juga kuliner khas Malang. Kuliner ini sudah menjadi ikon kuliner yang terkenal. Rujak cingur yang terkenal di Malang yang terkenal adalah Rujak Cingur Budhe Ruk. Racikan kuliner khas Malang dari Bude Ruk ini memang sudah tersohor sejak lama.

Rujak cingur sendiri memiliki bahan utama dari cingur sapi atau mulut sapi yang diolah dan diberikan bumbu-bumbu rempah sehingga memberikan rasa yang sangat nikmat. Kuliner khas Malang ini berada di Jl. Soeroeji No. 17, Gang 1, Kepanjen, Malang. Bahkan daerah di sekitar inipun dinamakan Gang Rujak.

4. Sego Resek

kuliner khas Malang

Kuliner khas Malang yang satu ini bernama Sego Resek. Meski nama kuliner ini adalah Sego Resek (baca: sampah), racikan bumbu tradisional yang diaduk bersama nasi ini tidak menghilangkan cita rasa nikmat yang khas. Kuliner khas Malang ini dimasak menggunakan arang, di sini Anda bisa mencicipi ragam menu masakan nasi goreng dan nasi mawut yang menjadi menu andalan dari kedai yang didirikan oleh Bapak Noto dan Ibu Sadiah ini.

Kuliner khas Malang yang satu ini berada di Jl. Brigjen Katamso No. 4, Kauman, Klojen, Kota Malang. Jadi, jangan lupa untuk ke sini nya untuk merasakan nikmatnya kuliner Sego Resek.

5. Soto Geprak

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang di gemari banyak orang. Kuliner soto yang terkenal di Malang adalah Soto Geprak. Kuliner khas Malang Soto Geprak yang terkenal adalah Soto Geprak Mbah Djo yang berada di Jalan Letjen S. Parman nomor 77 Kecamatan Blimbing, Malang – Jawa Timur

Kelezatan kuliner khas Malang soto ala Mbah Djo ini sudah terkenal sejak tahun 1935 silam. Kuliner khas Malang ini menggunakan bumbu-bumbu dari bahan tradisional. Kuliner Soto Geprak Mbah Djo mempunyai citarasa kuat. Kuliner Soto Geprak Mbah Djo terkenal dengan rasanya yang gurih serta segarnya jeruk nipis yang pas, hal itu terbukti dengan banyaknya wisatawan atau penduduk malang sendiri yang suka dengan kuliner Soto Geprak Mbah Djo ini.

6. Pecel Kawi

Kuliner khas Malang selanjutnya adalah Nasi Pecel. Nasi Pecel yang terkenal sebagi kuliner khas Malang adalah Nasi Pecel Kawi. Kuliner khas Malang ini sudah berdiri sejak tahun 1975 menjadi saksi perjalanan kota Malang dari waktu ke waktu.

Kuliner khas Malang yang berada di di Jalan Kawi Atas No. 43b Kota Malang sekarang sudah tertata rapi dan lebih modern. Bahkan desain kursi dan mejanya bukan seperti terlihat sedang berada di sebuah warung pecel, melainkan ada sebuah kafe kekinian.

7. Bakpao Boldy

Bakpao Boldy merupakan salah satu kuliner khas Malang yang sudah terkenal sejak tahun 1950. Bakpao legendaris ini memiliki berbagai varian isi yang bisa dicoba kenikmatannya. Mulai dari kacang hijau, ayam cincang, ayam kecap hingga babi kecap. Kacang tanah serta yang cukup unik adalah bakpao dengan rasa taus.

Kuliner khas Malang ini berada di Jl. Mangun sarkoro No.25, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Untuk harganya, per bijinya Rp9.000. Memang cukup mahal dibandingkan bakpao pada umumnya, namun rasanya tidak mengecewakan lho.

8. Bakso Bakar

kuliner khas malang

Anda penggemar bakso..? Yeess…. Bakso bakar merupakan salah satu kuliner khas Malang yang wajib kamu rasakan. Salah satu penjual bakso bakar yang terkenal adalah Bakso bakar Pak Man ada di Jalan Diponegoro No 19, Klojen, Malang.

Kuliner khas Malang yang eksis sejak 1965 ini selalu ramai didatangi pengunjung buat makan bakso bakar pakai level pedas yang menantang. Satu tusuknya bisa kenyangin perut, isi 15 bakso dimana harga satuannya dibanderol Rp 3.000.

9. Nasi Bug

kuliner khas malang

Walaupun disebut sebagai Nasi Bug Madura, Namun kenyataannya kuliner khas Malang satu ini justru tidak ada di Madura dan hanya dapat dijumpai di Malang. Lantaran awalnya diciptakan oleh orang-orang Madura yang bermukim di Malang.

Isi seporsi Nasi Bug cukup bervariasi dengan aneka pilihan lauk: serundeng, babat, paru, jantung, empal, ayam, sayur lodeh atau rebung, telor bumbu Bali dan tahu. Kuliner khas Malang yang ini berada di Jl. Trunojoyo 10E/F, Kota Malang – Jawa Timur.

10. Cwie Mie

Kuliner khas Malang ini serupa dengan bakmi ayam hanya saja topping cwie mie berupa ayam yang dicincang halus sehingga menyerupai abon. Pangsit Cwie mie yang disajikan dengan pangsit renyah, daging ayam, bawang goreng dan daun bawang.

Untuk kamu penggemar Cwie mie, kamu bisa datang ke Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 10, Klojen, Kota Malang Jawa Timur untuk merasakan kuliner khas Malang yang satu ini.

 46 total views,  1 views today

Mulai Chat
Perlu Bantuan?
Hai...
Selamat Pagi...
Ada Yang Bisa Saya Bantu..?